Tenun Ikat Ina Sabu

Nover Linda Kanni merintis Tenun Ikat Ina Sabu dengan cara melakukan penjualan langsung dari rumah ke rumah. Ia juga berburu tenun dari para pembuatnya di pelosok desa. 

Untuk meluaskan pasar, Nover Linda kreatif mengolah produk. Kemeja, outer, gaun, topi hingga dompet tersedia di tokonya di Kawasan Oepura, Kupang.



Tenun Ikat Soe

Kota Soe terdapat di Pulau Timor, satu dari tiga pulau besar di Nusa Tenggara Timur. Terdapat banyak sub-suku yang mendiami seluruh penjuru Pulau Timor. Masing-masing memiliki kain tenun yang unik.

Tenun selalu hadir dalam setiap kesempatan penting. Kelahiran, pernikahan, kematian. Bahkan tenun dapat dijadikan penanda kedewasa an. Jalinan benangnya adalah doa bagi para leluhur untuk generasi penerusnya.  

 


Outer Tenun Ikat Sumba

Keindahan tenun ikat Sumba pada outer ini terletak pada macam motif serta filosofinya. Motif ayam dan burung yang melambangkan kerukunan, persatuan dan kesadaran. Kuda memiliki posisi penting dalam kehidupan sehari-hari sekaligus simbol status.  

Outer ini terbuat dari benang kapas lokal dengan teknik pewarnaan alami. Tersedia berbagai variasi warna dan motif.

Harga 

Rp. 1.250.000,


Tas Tenun Ikat Sabu

Aneka motif tenun ikat berkembang subur di Pulau Sabu dan Pulau Raijua. Tas tenun ikat ini merupakan kombinasi motif bunga palem dan motif klasik wai, yang dipercaya menghubungkan langit dan bumi. 

Para penenun di Pulau Sabu-Raijua biasanya menggunakan kapas dan pewarna alam yang bersumber dari tanaman asli. 

Ukuran 

  • 40 cm x 30 cm

Harga 

Rp. 650.000,-


Okomama

Mengkonsumsi sirih dan pinang merupakan kebiasaan masyarakat Indonesia Timur.  Pada beberapa kelompok masyarakat,sirih-pinang merupakan pembuka pembicaraan, alat mempermudah komunikasi. 

Okomama merupakan jalan untuk sebuah perbincangan musyawarah dan mufakat.

Ukuran 

  • 30 cm x 20 cm
  • 10 cm x 5 cm
  • 10 cm x 1 cm

Rp. 150.000,-

 


Topi Tenun Sumba

Ina Sabu berinovasi dengan mengaplikasikan tenun ke dalam berbagai model. Topi cantik ini adalah kombinasi kain kanvas dan Tenun Sumba, dengan variasi warna.

Ukuran 

Diameter 40 cm

Rp. 200.000,-