Kampung Pejabat

Kampung Pengolah Jamu Loktabat atau “ Kampung Pejabat ” merupakan kawasan tematik di Banjarbaru. Sejak tahun 1979 kawasan ini dikenal sebagai gudang produsen dan penjual jamu gendong. Kemampuan meracik minuman sehat ini telah diturunkan lintas generasi.

Tahun 2017, warga Loktabat yang bergiat di industri jamu rumahan, sepakat mengembangkan kawasan menjadi destinasi wisata tematik. Disini pengunjung dapat melihat produksi jamu, belajar manfaat dan efek sampingnya, serta belanja jamu sesuai kebutuhan.



Jamu Segar Bu Sri 

Keahlian olah aneka herbal sudah ada di Nusantara sejak nenek moyang. Masyarakat Kampung Pejabat hingga saat ini masih merekam kemampuan tersebut, dan melestarikannya dalam kehidupan sehari-hari. Demikian masyarakat pun masih setia mengkonsumsinya.

Jamu Segar Bu Sri tersedia dalam berbagai varian misalnya Sirih, Kunyit Sirih, Beras Kencur, Temu Kunci, Temulawak, Kunyit Asam.


Café Jamu Serbuk

Terus belajar adalah kunci untuk maju. Para peracik jamu di Kampung Pejabat ingin menyediakan produk-produk awetan, yang mampu dipasarkan sampai ke luar kota. Sejak tahun 2017, jamu serbuk dihasilkan. Saat ini produk jamu serbuk diminati khususnya untuk buah tangan para wisatawan.

Tersedia 3 varian jamu serbuk, yaitu temulawak, kunyit dan jahe. Para peracik masih terus melakukan inovasi varian jamu serbuk.